Magister Ilmu Komunikasi (MKom) Universitas Paramadina


Status Akreditasi BAN PT: Akreditasi B

Semakin kompleksnya permasalahan dan semakin tajamnya persaingan di berbagai bidang membuat kebutuhan akan para profesional dan pakar yang handal dibidang komunikasi sangat tinggi di Indonesia dan internasional. Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina mendidik para mahasiswa untuk menguasai teori dan praktek terbaru dibidang komunikasi, melalui kurikulum yang inovatif dan staf pengajar yang handal serta berpengalaman dibidangnya, didukung oleh fasilitas pembelajaran yang modern.


I. TUJUAN
1. Tersedianya lulusan program magister yang memiliki kecerdasan, keluasan wawasan tentang teori dan praktik, serta keterampilan di bidang ilmu komunikasi;
2. Berkembangya studi dan penelitian dalam ilmu komunikasi;
3. Berkembangnya komunitas akademik yang terlibat aktif dalam bidang ilmu komunikasi;
4. Terciptanya jejaring dan kerjasama yang kuat antara program magister ilmu komunikasi dengan pihak-pihak yang releban dalam bidang ilmu komunikasi.
5. Terwujudnya kontribusi program ilmu komunikasi dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

II. SYARAT CALON MAHASISWA
Syarat Calon Mahasiswa: Lulusan S1/D4 semua bidang studi

III. PILIHAN WAKTU KULIAH

Waktu kuliah bisa dipilih:

  • KULIAH MALAM: Senin – Jum’at, Jam 18.30-21.00 WIB dan E-learning
  • KULIAH SABTU: Sabtu, Jam 07.00 – 18.00 WIB dan E-learning

Masing-masing diiringi dengan istirahat untuk sholat, makan, melepas kejenuhan

ELearning adalah proses belajar mengajar melalui Multi Acces Learning (MAL) dimana Bahan Ajar, Diskusi, Tugas dan Quiz diakses di internet 24 jam sehari, ditambah kuliah tatap muka 8 kali dan ujian 2 kali di kelas dalam satu semester.

IV. KONSENTRASI
Program Komunikasi ini membuka dua bidang Konsentrasi, yaitu:
- Komunikasi Korporat
- Komunikasi Politik.

V. KURIKULUM DAN METODE

  1. Metode perkuliahan dengan cara belajar aktif, mendorong partispasi mahasiswa di semua mata kuliah. setiap mata kuliah menggunakan pendekatan studi kasus, berbagai pengalaman dan diskusi yang dipandu oleh pakar dibidangnya.
  2. Sistim pengajaran berbentuk Tim Pengajar (team Teaching) yang melibatkan beberapa pakar di di setiap mata kuliah, sehingga diharapkan nantinya mahasiswa mendapatkan manfaat sekaligus materi yang sesuai dengan tujuan dan sasaran pengajaran.
  3. Progam Studi memfasilitasi pengembangan network atau jaringan yang memungkinkan mahasiswa untuk dapat berbagi ilmu dan pengalaman dengan pakar dan professional komunikasi terkemuka.


VI. PENDAFTARAN DAN BIAYA STUDI

Untuk Informasi Biaya Studi KLIK DISINI dan Informasi Pendaftaran KLIK DISINI

VII. STAF PENGAJAR
 
  • A. Malik Gismar: Ph.D in Social Political Psychology, The Graduate Faculty of Political and Social Science, New School for Social Research, USA; Senior Advisor, Kemitraan (The Partnership for Governance Reform); Member of  The Expert Panel, Indonesia Democracy Index, Senior Consultant, UNDP Indonesia.
  • Adnan Iskandar: M.Sc. in Development Communication, Central Luzon State University, the Philippines; Founder and President, Adquantum Advertising and Marketing Communication; Chairman, Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I)
  • Bobi Guntarto    Doctoral Candidate in Communication Science, University of Indonesia; Chairman of Children Media Development Foundation
  • Eka Wenats Wuryanta: Doctor in Mass Communication, University of Indonesia
  • Gun Gun Heryanto : Expert on Political Communication; Doctor of Political Communication from Padjadjaran University
  • Heri Budianto : Doctor of Media And Cultural Studies from Gadjah Mada University. Founder and CEO of Political Communication Institute (Polcomm)
  • Ihsan Ali Fauzi: M.A. in International Affairs, Southeast Asia Studies Program, Ohio University, USA;  Program Director, Yayasan Paramadina.
  • Dr. Ibnu Hamad : Professor of Communication Science from University of Indonesia
  • Novita Damayanti : Doctor of Communication Science from University of Indonesia, Asesor BAN PT
  • Philips J. Vermonte: Ph.D., Political Science, Northern Illinois University, USA; Researcher, Center for Strategic and International Studies (CSIS).
  • Putut Widjanarko: Ph.D. in Media Studies, Ohio University, USA; Vice President, Mizan Group; Co-founder Paramadina Graduate School of Communication
  • Rudi Sukandar: Ph.D. in Communication Studies, Ohio University; Former lecturer, Marietta College
  • Dr. Rudy Harjanto : Professor of Advertising and Doctor of Communication Science from Padjadjaran University. Chaiman of PT. Chuo Senko Indonesia Advertising Agency.
  • Silih Agung Wasesa: M.Si, Neuro-brand expert; Certified Crisis Management, Institute of Public Relations, Singapore; Associate Member of American Association of Political Consultant; PR consultant for some Fortune 100 companies.
  • Sri Sedyaningsih : Doctor of Communication Science from University of Indonesia
  • Suraya: Doctor in Communication Sciences, Bogor Agricultural Institute.
  • Totok Soefijanto: Ed.D in Educational Media and Technology, Boston University, USA; M.A. in communication Studies, Emmerson College, USA; Deputy Rector of Academic and Research, Paramadina University.

PERMINTAAN BROSUR

HUBUNGI KAMI DI WA